Thursday 22 October 2015

Konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6

Selamat pagi agan aganwati semua, setelah lama saya enggak blogging, nih kali ini saya mau berbagi informasi sedikit nih. Tema yang ingin ane angkat hari ini adalah tutorial konfigurasi Web Server pada Linux Debian 6. Karena ane juga dapat tugas ini, maka sekalian deh ane share ke agan semua siapa tau dapat bermanfaat dan semoga barokah, hehehe :D cekibrot aja gan dibawah ini.

Sebelum ane menuju ke langkah konfigurasinya gan alangkah baiknya ane mau kasih pengertian nih apa itu web server.

Server web atau yang dalam bahasa inggris disebut web server adalah perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP dan atau HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berbentuk dokumen HTML. Nah gan dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa web server merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) seperti Mozilla, Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dan lain sebagainya, supaya browser dapat menampilkan halaman atau data yang anda minta.

Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer atau memindahkan berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol komunikasi tertentu. Oleh karena dalam satu halaman web biasanya terdiri dari berbagai macam jenis berkas seperti gambar, video, teks, audio, file dan lain sebagainya, maka pemanfaatan web server berfungsi juga untuk mentransfer keseluruhan aspek pemberkasan dalam halaman tersebut, termasuk teks, gambar, video, audio, file dan sebagainya. Misalnya nih gan pada saat agan ingin mengakses sebuah halaman website, biasanya agan mengetik halaman tersebut di browser seperti mozilla, chrome dan lain-lain. Setelah agan meminta (biasanya dengan menekan enter) untuk dapat mengakses halaman tersebut, browser akan melakukan permintaan ke web server. Disinilah web server berperan gan, web server akan mencarikan data yang diminta browser, lalu mengirimkan data tersebut ke browser atau menolaknya jika ternyata data yang diminta tidak ditemukan.
Ini nih gan beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi web server
·            Apache
·            Apache Tomcat
·            Microsoft Internet Information Services (IIS)
·            Nginx
·            Lighttpd
·            Litespeed
·            Zeus Web Server


            Oiya gan dibawah ini juga ane kasih gan video tutorial bagaimana cara konfigurasi web server pada linux debian 6 yang ane ambil di youtube. Happy watching gan 



Oke gan semoga postingan ane kali ini dapat bermanfaat bagi agan semua terimakasih

No comments:

Post a Comment